Bertualang

Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
Tetap dipuja-puja bangsa

Indonesia, satu negara kepulauan yang terletak di antara dua samudera (Samudera Indonesia dan Samudera Pasifik) dan dua benua (Benua Asia dan Australia). Indonesia terdiri dari puluhan ribu pulau yang menyebar dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Ada yang bilang jumlah pulau yang dimiliki Indonesia itu tidak kurang dari 17.508 pulau. Puluhan ribu pulau ini teruntai bak batu permata Zamrud di sepanjang Katulistiwa. Puluhan ribu pulau ini dihuni tidak kurang dari 200 juta jiwa penduduk.

Tiap-tiap pulau di Indonesia adalah suatu entitas yang unik. Pulau-pulau itu dihuni oleh ratusan suku bangsa dengan beragam budaya, bahasa, adat-istiadat, agama, dan kepercayaan. Suku-suku bangsa ini telah memberikann warna yang begitu semarak bagi Indonesia. Dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, keanekaragaman suku bangsa itu menjadi satu dalam Indonesia. Batak, Melayu, Minang, Jawa, Madura, Bugis, Toraja, Bali, Ambon, adalah sedikit di antara ratusan suku bangsa lainnya yang mendiami Nusantara.

Dengan luas tidak kurang dari 1,9 juta m2 kepulauan Indonesia menampilkan pemandangan alam yang begitu indah. Mata dijamin tidak akan bosan jika harus memandangi negeri ini seumur hidup. Bahkan mungkin seumur hidup tidak akan cukup untuk menikmati pesona keindahan alam Indonesia. Ada begitu banyak sekali keajaiban alam di negeri ini. Sebut saja beberapa di antaranya, Danau Toba, Ngarai Sianok, Gunung Bromo, Pulau Komodo, Bunaken, Raja Ampat, Gunung Rinjani, Kepulauan Derawan, Kepulauan Karimun Jawa, dan masih banyak lagi.

Negeri ini juga punya ratusan gunung berapi yang akan membuat setiap pendaki berdecak kagum ketika menyaksikan indahnya mentari fajar di puncaknya. Negeri ini juga dihiasi garis pantai yang begitu panjang yang memiliki ratusan pantai yang akan membuat mulut setiap pengunjungnya berdecak kagum menikmati magisnya mentari terbenam kala malam menjelang. Negeri ini juga dialiri oleh begitu banyak sungai yang menjadi urat nadi kehidupan berbagai suku bangsa yang akan membuat penyair tidak akan berhenti menuliskan puisinya. Negeri ini juga dilindungi jutaan hektar hutan yang bak permadani hijau dengan keanekaragaman hayatinya yang akan membuat para peneliti rela meninggalkan rumahnya. Negeri ini juga dikeliling lautan yang begitu luas dengan keindahan alam bawah laut yang akan memikat mata para penyelam dari seluruh dunia. Negeri ini juga punya ratusan kota yang sarat dengan sejarah yang akan membuat setiap anak negeri memahami arti cinta pada Ibu Pertiwi.

Indonesia akan membuat setiap orang yang memandangnya jatuh cinta pada pandangan pertama. Dan tak ada cara lain untuk menikmati keindahan negeri ini kecuali bertualang. Indonesia itu indah kawan. Keluarlah dari rumahmu, panggullah tasmu, mari berkeliling Indonesia. Mari mengenali negerimu. Mari mencintai Indonesia.

2 thoughts on “Bertualang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| Copyright © 2012 - Loewyi Simple Themes All Rights Reserved | Created By loewyi