Karapan Sapi: Wisata Budaya Andalan Madura

Madura itu bukan hanya tentang sate, soto, atau garam apalagi carok. Madura itu sesunguhnya punya banyak potensi yang belum digarap dengan maksimal. Hasil perkebunan tembakau dari Sumenep konon yang terbaik kualitasnya di dunia. Cadangan minyak bumi lepas pantai di beberapa daerah Madura juga dikabarkan cukup berlimpah. Pelajar-pelajar dari Pulau Garam ini juga bergantian menghiasi media massa dengan prestasi mereka menjuarai lomba tingkat nasional. Dan bukan hanya itu, Madura juga punya potensi pariwisata yang cukup menjanjikan andai dikelola dengan baik. Puluhan pantai indah membentang dari sisi barat hingga timur pulau. Kerajinan Batik Tulis Madura dengan corak dan warnanya yang berani mulai dikenal dunia. Wisata kuliner pun tak kalah hebatnya. Lalu masih ada Karapan Sapi, wisata budaya yang bisa menjadi andalan menarik minat para pelancong.

Potensi-potensi tersebut layak dikelola demi kemakmuran masyarakat Madura. Demi impian itulah, sebuah kegiatan lomba Karapan Sapi yang tidak biasa diadakan di Lapangan Skep Bangkalan selama tiga hari berturut-turut (30 Maret s.d 1 April 2013) oleh PERKASA bekerjasama dengan Komunitas Plat M. Tidak biasa karena umumnya perlombaan karapan diadakan dalam rangkaian Piala Presiden yang akan berlangsung bulan September atau Oktober. Karapan ini juga tidak memperbolehkan adanya kekerasan terhadap sapi-sapi. Biasanya untuk memacu sapi agar berlari lebih kencang, para joki menggunakan pecut yang diujungnya tertancap paku-paku kecil yang dicambukkan ke bokong sapi.

Karapan Sapi 2013

Sang joki dan sepasang sapinya

Walaupun bukan termasuk event yang besar bila dibandingkan dengan Karapan Sapi lainnya, pengunjung yang hadir cukup ramai. Selama tiga hari pelaksanaannya, Stadion Skep tidak pernah sepi pengunjung. Beberapa fotografer dari media massa nasional juga tampak dengan kamera-kamera besarnya. Bahkan beberapa turis mancanegara tak mau kalah untuk datang. Mereka membaur dengan penonton di garis finish, berpanas-panasan demi menyaksikan sendiri sapi-sapi karapan berlomba di lintasan.

Foto Karapan Sapi 2013

Seorang anak menyoraki sapi dengan kaleng berisi batu

Foto Karapan Sapi Madura

Sepasang sapi kerrap menjelang garis finish

Bagi saya pribadi, ini adalah Karapan Sapi yang kesekian kalinya saya saksikan secara langsung dengan mata kepala sendiri :D. Sebagai orang yang tinggal hampir 5 tahun di Madura, tentu saja sebuah kerugian besar untuk saya jika tidak pernah menyaksikan lomba karapan. Untuk pertama kalinya pula saya datang ke arena karapan dengan kamera DSLR :). Walaupun hanya Canon 1100D tapi sudah cukup untuk menyalurkan hobi fotografi yang baru saya geluti.

Foto Karapan Sapi Madura 2013

Berjuang menggapai garis finish

Saya sangat berharap kegiatan-kegiatan serupa akan berlangsung secara berkesinambungan dengan pengelolaan dan kemasan yang lebih baik. Saya yakin jika dikelola dengan baik, potensi wisata di Pulau Madura tidak kalah dengan daerah lainnya di Jawa Timur bahkan Indonesia sekalipun. Teruslah berpacu Karapan Sapi!

About The Author "rotyyu"

Komentar Facebook:

22 thoughts on “Karapan Sapi: Wisata Budaya Andalan Madura

  1. cie cie yang masih stay di pulau garam
    tuh atasku bilang udah banyak di youtube dan di televisi 😀
    mimin ekplore juga dunk yang di jawa barat #eh

  2. Mentang-mentang di Mas Faza ada di Jakarta tuh dia.
    Tulisan yang keren, enak sekali mbacanya.
    Kalau ikut lomba, pasti menang nih! hehehe
    Sayang, ngga dapat backlink ke plat-m.com dari website ini. Disebut tapi ngga di backlink itu, seperti diajak ke bebek sinjay, tapi ngga diajak makan.

  3. kameranya sama 😀 saya juga pengen keliling Indonesia 🙁 Keliling negara lain hampir tamat tapi keliling Indonesia malah belum. http://www.elitachoice.blogspot.com

    • Elitafn: Pake 1100D juga? Murah meriah tapi cukuplah untuk belajar fotografi. Dari luar negeri dulu baru keliling Indonesia nih kayaknya 🙂

  4. Saya ernah lihat sekali balapan karapan sapi ini, seru banget, saya kan gak ngerti bahasa Madura, jadi cuman mlongo aja meraka ngomong dan teriak apaan 😮

Leave a Reply to usaha modal kecil Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

| Copyright © 2012 - Loewyi Simple Themes All Rights Reserved | Created By loewyi