KRI Dewaruci, Penguasa Lautan Dari Indonesia

KRI Dewa Ruci adalah satu-satunya kapal layar tiang tinggi yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut. Ia juga merupakan kapal layar paling besar yang dimiliki Indonesia. Nama Dewa Ruci sendiri diambil dari nama dewa penguasa lautan dalam kisah pewayangan Jawa. Kapal buatan Jerman tahun 1952 ini difungsikan sebagai kapal latih untuk para kadet/taruna TNI AL. Saat tak bertugas, kapal ini bermarkas di Mako Armada Timur Surabaya. Namun sepanjang hayatnya, KRI Dewa Ruci lebih banyak mengarungi lautan bersama para kadet.

KRI Dewa Ruci 003

KRI Dewa Ruci di Mako Armatim

Saya termasuk orang yang cukup beruntung mendapatkan kesempatan untuk melihat sendiri kegagahan KRI Dewaruci. Tidak hanya melihat, saya juga menaiki dan melihat-lihat isi  kapal. Bagian terbaik tentu saja mengabadikannya dalam bingkaian foto. Tak perlu iri dengan saya, setiap orang Indonesia punya kesempatan untuk melihat bahkan menaiki kapal yang sarat prestasi ini. Setiap tahun, TNI AL khususnya Armada Timur selalu mengadakan Open Naval Base untuk memperingati Hari Armada RI. Acara langka ini diadakan sekali setahun di bulan Desember tanpa tanggal yang pasti. Artinya kita harus pasang telinga lebar-lebar setiap akhir tahun tiba 🙂

KRI Dewa Ruci 001

Pengunjung KRI Dewa Ricu

KRI Dewa Ruci 002

KRI Dewa Ruci tampak belakang

KRI Dewaruci memiliki ukuran panjang 58,5 m dan lebar 19,5 m dari kelas Barquentine. Kapal ini dibuat di H.C. Stulchen & Sohn Hamburg, Jerman. Proses pembuatannya dimulai pada tahun 1932 namun sempat terhenti sebelum akhirnya selesai pada tahun 1952. Pelayaran pertamanya dilakukan pada bulan Juli 1953 setelah diresmikan pada tanggal 24 Januari di tahun yang sama. Ia dilayarkan dari Jerman ke Indonesia oleh taruna AL dan kadet ALRI.

KRI Dewa Ruci 005

Salah satu tiang KRI Dewaruci

Kapal ini memiliki tiga tiang utama yang namanya diambil dari tokoh Pandawa Lima, yaitu Bima, Yudhistira, dan Arjuna. Selain menggunakan layar sebagai penggerak, KRI Dewa Ruci juga memiliki mesin 986 PK Diesel dengan satu propeler berdaun empat. Ia dapat melaju dengan kecepatan penuh 10,5 knot dengan mesin dan 9 knot dengan layar.

KRI Dewa Ruci 008

Patung Dewa Ruci di bagian depan

KRI Dewa Ruci 007

Bagian buritan kapal

Pelayaran yang menjadi misi utama KRI Dewaruci merupakan pelayaran bintang atau dikenal sebagai Kartika Jala Krida. Misi ini dilakukan setiap tahunnya bersama para kadet/taruna AL sebagai pelatihan pelayaran. Selain itu, KRI Dewaruci juga kerap mengikuti berbagai lomba yang digelar oleh berbagai negara di dunia. Tak terhitung prestasi yang sudah diraihnya bersama TNI AL. Sayangnya kapal ini akan segera dipensiunkan karena usianya yang semakin tua. TNI AL berencana menggantinya dengan kapal sejenis dengan ukuran lebih besar dan perlatan lebih canggih.

About The Author "rotyyu"

Komentar Facebook:

One thought on “KRI Dewaruci, Penguasa Lautan Dari Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

| Copyright © 2012 - Loewyi Simple Themes All Rights Reserved | Created By loewyi