Mengintip Markas Komando Armada Timur

Pada umumnya daerah-daerah khusus militer di Indonesia bersifat sangat tertutup. Tidak mudah untuk melihat isinya. Terkadang sudah seperti daerah angker yang dikeramatkan saja. Jangankan untuk mengintip isi markas sekelas Markas Komando Armada Timur (Mako Armatim), lewat dari depan Markas Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) saja kita harus seperti menunduk-nunduk. Saya masih ingat betul sewaktu SMA setiap kali bus yang saya tumpangi lewat di depan Markas Rindam lajunya harus sangat pelan. Ada suara bising sedikit saja bisa ditegur sama aparat.

Open Naval Base Armada Timur 018

KRI Diponegoro dan KRI Frans Kaisepo

Namun kini keadaan itu sepertinya sudah mengalami sedikit perubahan. Setidaknya itu yang saya lihat sendiri di Mako Armatim. Sudah beberapa tahun terakhir ini selama saya berdomisili di Madura selalu ada program Open Naval Base di markas TNI AL Indonesia bagian timur ini. Acara yang diadakan setiap bulan Desember ini terbuka untuk umum. Siapa saja boleh datang tanpa dipungut bayaran sepeser pun. Selama hampir satu hari penuh masyarakat di Surabaya sekitarnya boleh melihat-lihat Mako Armatim.

Antusiasme masyarakat terhadap kegiatan langka ini sangat besar. Mako Armatim yang biasanya sepi tiba-tiba saja berubah menjadi sangat ramai sekali. Pengunjung pun sangat beragam, mulai anak-anak, remaja, sampai orang tua. Mulai dari pasangan muda-mudi, gerombolan ABG, rombongan keluarga, sampai orang satu kampung tumpah-ruah memenuhi Mako Armatim. Beberapa kapal perang pun diparkir, pintunya dibuka selebar-lebarnya untuk dinaiki pengunjung. Salah satu yang menjadi primadona adalah KRI Dewaruci yang sudah mendunia itu. Selain itu ada juga KRI Diponegoro, KRI Frans Kaisepo, KRI Yos Sudarso, dan KRI Slamet Riyadi.

Sayangnya tanggal pelaksanaan program Open Naval Base Mako Armatim ini belum pasti. Jika kita ingin mendapatkan kesempatan mengintip Markas Komando Armada Timur, maka bukalah telinga lebar-lebar saat bulan Desember tiba. Karena dari pengalaman sebelumnya, acara ini bisa dilaksanakan tanggal berapa saja selama bulan Desember. Informasi bisa datang dari mana saja, mulai dari koran lokal, televisi, blog, Twitter, sampai Facebook.

About The Author "rotyyu"

Komentar Facebook:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

| Copyright © 2012 - Loewyi Simple Themes All Rights Reserved | Created By loewyi