Upacara Melasti Di Pura Agung Jagat Karana, Surabaya

Tiga atau dua hari menjelang Hari Raya Nyepi, umat Hindu biasanya melakukan upacara Melasti. Melasti adalah upacara untuk menyucikan manusia dan alam dari segala kotoran (leteh). Pada hari ini umat Hindu beramai-ramai mendatangi pura dan mengarak segala sarana persembahyangan yang ada di pura ke danau atau pantai. Umat Hindu percaya bahwa pantai dan danau merupakan sumber air suci (tirta amerta) yang bisa menyucikan kotoran di dalam diri manusia dan alam. Arak-arakan umat yang membawa segala sarana persembahyangan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Itu sebabnya Bali sangat ramai menjelang Hari Raya Nyepi.

Arak-arakan Melasti bersiap di pura

Persiapan arak-arakan di Pura Agung Jagat Karana

Sebenarnya kalau hanya ingin menyaksikan sendiri Upacara Melasti, Tawur Kesanga, sampai Pawai Ogoh-ogoh tidak perlu jauh-jauh ke Bali. Beberapa daerah di Indonesia, khususnya Pulau Jawa, juga mengadakan serangkaian acara menyambut Nyepi. Di Surabaya misalnya, kegiatan-kegiatan tersebut bahkan sudah masuk ke dalam kalender pariwisata tahunan pemerintah kota.

Arak-arakan Melasti ke Pantai Arafuru

Arak-arakan menuju Pantai Arafuru

Adalah Pura Agung Jagat Karana yang berlokasi di Jl. Lumba-lumba No. 1 Perak Barat yang menjadi pusat pelaksanaan Upacara Melasti di Kota Surabaya. Sejujurnya, saya sendiri juga tidak terlalu tahu keberadaan pura ini sebelum mendapatkan informasi pelaksanaan Melasti di Kota Pahlawan. Lokasi pura yang cukup besar ini cukup gampang dicapai, letaknya berdekatan dengan Jl. Demak. Dari Pura Agung Jagat Karana, para umat lalu melakukan arak-arakan ke Pantai Arafuru yang terletak di Kawah Candradimuka Akademi Angkatan Laut.

Upacara Melasti di Pantai Arafuru

Sebelum sembahyang dimulai

Di Pantai Arafuru, sekitar 6000 umat Hindu yang berasal dari beberapa wilayah di Jawa Timur (Surabaya, Mojokerto, Lamongan, Gresik, Sidoarjo, dan Bromo, Probolinggo) melakukan sembahyang untuk menyucikan diri dari segala kesalahan di masa lalu untuk menyambut Hari Raya Nyepi.

Sembahyang Melasti di Surabaya

Sembahyang berlangsung khidmat

Acara sembahyang Melasti ini berakhir tengah hari sekitar pukul 12.00 WIB, yang kemudian dilanjutkan dengan mengarak kembali seluruh sarana persembahyangan kembali ke Pura Agung Jagat Karana. Panasnya terik matahari tidak mengurangi semangat para umat untuk kembali ke pura. Beberapa rombongan umat bahkan dengan begitu niatnya membawa sound system lengkap dengan generator sebagai sumber listrik. Perlengkapan ini digunakan untuk memeriahkan arak-arakan dengan musik dan nyanyian. Sungguh meriah sekali.

About The Author "rotyyu"

Komentar Facebook:

2 thoughts on “Upacara Melasti Di Pura Agung Jagat Karana, Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

| Copyright © 2012 - Loewyi Simple Themes All Rights Reserved | Created By loewyi