Wisata Sejarah ke Benteng Somba Opu di Makassar

Awalnya saya berpikir bahwa Benteng Somba Opu itu akan tampak gagah seperti Benteng Ujung Pandang (Fort Rotterdam) yang sudah saya kunjungi sebelumnya. Ternyata saya salah besar. Saya tidak menemukan bangunan dengan tembok super tebal di benteng ini. Saya juga tidak melihat bangunan dengan bentuk menyerupai benteng kebanyakan. Benteng Somba Opu itu juga ternyata sangat luas, jauh melebihi luas Fort Rotterdam. Mungkin karena faktor luas itu lah mengapa saya tidak melihat bangunan seperti benteng pada umumnya.

Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu

Konon Benteng Somba Opu dulunya selain berfungsi sebagai benteng juga merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Gowa. Di dalam benteng, kita masih dapat melihat bangunan-bangunan yang kemungkinan adalah peninggalan Kerajaan Gowa. Bahkan kini di dalam kompleks benteng sedang dikembangkan sebuah taman mini untuk Sulawesi Selatan. Jadi dengan mengunjungi benteng ini kita serasa telah mengunjungi seluruh Sulawesi Selatan.

Benteng Somba Opu

Bangunan di Benteng Somba Opu

Saya sempat menyaksikan beberapa rumah adat Sulawesi Selatan di dalam bangunan benteng. Sayang sekali saya tidak sempat mengeksplorasi Benteng Somba Opu lebih lama karena tiba-tiba saja hujan mengguyur dengan derasnya. Keadaan itu memaksa saya untuk segera bergegas meninggalkan Benteng Somba Opu dan melanjutkan petualangan saya ke sudut lain di Kota Makassar.

Rumah Adat Bulukumba

Rumah Adat Bulukumba

Rumah Adat Toraja

Rumah Adat Toraja

 

About The Author "rotyyu"

Komentar Facebook:

11 thoughts on “Wisata Sejarah ke Benteng Somba Opu di Makassar

    • MdarulM: Memang nama Benteng Somba Opu juga sudah diabadikan menjadi nama salah satu jalan di Kota Makassar yang saat ini menjadi salah satu pusat oleh-oleh khas di Kota Daeng itu 😀

    • D benteng somba opu memang sudah tdk sepunahx masih seperti roterdam tpi memang masih ada benteng yg tersisa d benteng somba opu tepatx d dkt rumah adat gowa d sana masih ada benteng yg berdiri panjangx skitar 100m dan tinggix 3-4 meter.

  1. Waktu itu kehujanan bro ? …
    nih, kutambahin ceritanya hehehe…
    http://matematikabanget.blogspot.com/2013/07/liburan-kenaikan-kelas-2013-benteng.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

| Copyright © 2012 - Loewyi Simple Themes All Rights Reserved | Created By loewyi