Senja di Masjid Cheng Ho Pandaan, Pasuruan

Sejauh yang saya tahu hingga saat ini, ada tiga Masjid Cheng Ho di Indonesia. Satu masjid di Palembang dan dua lainnya ada di Jawa Timur. Ketiga masjid ini mempunyai arsitektur yang unik dan berbeda dengan kebanyakan masjid di Indonesia. Mungkin karena masjid-masjid tersebut memang didirikan untuk mengenang dan menghormati Laksamana Cheng Ho, arsitekturnya pun mengadopsi gaya bangunan-bangunan klenteng khas ethnis Tionghoa. Warna dan ornamen yang melekat pada masjid-masjid ini pun sangat identik dengan etnis Tionghoa. Dua diantaranya, Masjid Cheng Ho Palembang dan Surabaya, didirikan PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia). Sedangkan Masjid Cheng Ho Pandaan dibangun atas inisiatif Pemkab Pasuruan.

Masjid Cheng Ho Pandaan

Masjid Cheng Ho Pandaan

Masjid Cheng Ho Pandaan ini terletak di pinggir jalan raya Surabaya-Malang. Lokasinya cukup strategis dan pas dijadikan sebagai tempat mengaso ketika melakukan perjalanan dari Surabaya ke Malang atau sebaliknya. Apalagi salah satu pusat oleh-oleh khas Kota Malang yang terkenal dengan brand “Republik Telo” telah mendirikan salah satu tokonya tidak jauh dari lokasi masjid. Sambil menyelam bisa minum air, setelah dari masjid bisa langsung berburu oleh-oleh.

Senja di Masjid Cheng Ho

Senja di Masjid Cheng Ho

Selain letaknya yang strategis dan dekat dengan jalan raya, pemandangan di lokasi masjid pun tak kalah bagusnya. Sore hari menjadi saat yang paling tepat untuk menyempatkan diri singgah ke Masjid Cheng Ho Pandaan. Mata kita akan dibuat terkagum-kagum dengan keindahan langit senja kala matahari terbenam di ufuk barat.

About The Author "rotyyu"

Komentar Facebook:

3 thoughts on “Senja di Masjid Cheng Ho Pandaan, Pasuruan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

| Copyright © 2012 - Loewyi Simple Themes All Rights Reserved | Created By loewyi