5 Wisata Kuliner Khas Kota Makassar

Backpacking ke suatu kota tanpa mencicipi berbagai makanan khas kota tersebut ibarat sayur tanpa garam, hambar. Apalagi Indonesia mempunyai kekayaan wisata kuliner yang begitu beragam. Dari Sabang hingga Merauke kita dapat menemukan berbagai makanan khas di setiap daerah. Kali ini saya akan mencoba mengeksplorasi kekayaan wisata kuliner di Kota Daeng, Makassar. Kota terbesar di Indonesia bagian timur ini memang terkenal dengan cita rasa wisata kulinernya. Berikut ini adalah 5 wisata kuliner khas Kota Makassar.

1. Seafood

Kondisi geografis Indonesia yang didominasi oleh lautan memang memberikan persediaan seafood yang sangat melimpah. Di Makassar, saya menemukan banyak sekali pilihan hidangan laut dengan cita rasa dan kualitas yang sangat memuaskan. Ada olahan ikan, kepiting, udang, cumi-cumi, dan masih banyak lagi. Restoran, rumah makan, dan warung penyedia hidangan laut juga tumbuh dengan sangat subur di kota ini. Selain diolah dengan cara-cara modern, kita juga bisa menjumpai hidangan laut dengan resep tradisional seperti Pallu Mara.

Wisata kuliner seafood Makassar

Seafood di Makassar

2. Konro Bakar

Kalau sedang ke Makassar, wisata kuliner yang satu ini adalah menu wajib. Jangan mengaku ke Makassar kalau belum merasakan nikmatnya Konro Bakar. Konro Bakar terbuat dari iga yang dibakar. Saat pertama kali mencobanya, saya cukup terkejut karena daging yang melekat pada tulang-tulang iga bakar tersebut sangat empuk dan mudah dilepaskan dari tulangnya. Rasanyapun dijamin tidak akan mengecewakan. Salah satu rumah makan penjual Konro Bakar yang cukup tenar terletak di dekat Lapangan Karebosi.

Konro Bakar

Konro Bakar

3. Paria Kambu

Paria atau Pare adalah salah satu tanaman sayur yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Rasanya yang khas pahit ternyata ketika diolah menjadi sayuran khas Bugis-Makassar bisa menjadi penggugah selera makan. Sejujurnya saya termasuk orang yang tidak terlalu suka dengan rasa pahit Paria. Namun ketika melihat olahan khas Bugis-Makassar bernama Paria Kambu ini, saya sangat tertarik untuk mencobanya. Hasilnya? Saya tidak kecewa, aromanya sedap dan rasanya gurih.

Sayur Pare Kambu

Paria Kambu

4. Es Pisang Ijo

Jajanan es satu ini saya rasa sudah cukup mudah ditemukan di mana-mana. Es Pisang Ijo, sesuai dengan namanya terbuat dari bahan dasar buah pisang yang diberi lapisan tepung berwarna hijau dan dipotong-potong memanjang. Pisang hijau ini kemudian disiram dengan santan dan kuah berwarna merah dengan rasa yang manis. Jajanan es ini sangat nikmat dihidangkan di siang hari yang terik di Kota Makassar.

Es Pisang Ijo Makassar

Es Pisang Ijo

5. Pallu Butung

Jajanan satu ini bisa saya bilang adalah es serut khas Makassar. Pallu Butung menggunakan bubur sumsum sebagai bahan dasar utama. Jika kita perhatikan sekilas ada kemiripan antara Es Pisang Ijo dengan Pallu Butung. Perbedaannya terletak pada pisang yang digunakan. Pallu Butung menggunakan buah pisang yang direbus tanpa dilapisi tepung berwarna hijau seperti halnya Es Pisang Ijo. Rasanya sangat khas dan enak sekali. Jika ingin mencobanya, sepertinya tidak perlu lagi harus ke Negeri Anging Mamiri karena jajanan ini semakin populer di Indonesia.

Pallu Butung Makassar

Pallu Butung

Bagaimana, sudah siap berburu wisata kuliner di Makassar?

About The Author "rotyyu"

Komentar Facebook:

16 thoughts on “5 Wisata Kuliner Khas Kota Makassar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

| Copyright © 2012 - Loewyi Simple Themes All Rights Reserved | Created By loewyi