Kampung Nelayan Manggar, Balikpapan

Tak kan ada ikan gurih di meja makan
Tanpa ada jerih-payah nelayan
Daging ikan sumber gizi bermutu tinggi
Diperlukan semua manusia

Tiap malam mengembara di lautan
Ombak badai menghadang dan menerjang
Pak nelayan tak gentar dalam darmanya
Demi kita yang membutuhkan pangan
Terima kasih pak nelayan

Lirik lagu di atas pasti mengingatkan kita semua pada sosok nelayan. Ya, nelayan sama seperti petani sangat berjasa dalam kehidupan kita yang tinggal di perkotaan. Tanpa kerja keras mereka, kita tidak mungkin menikmati gurihnya ikan-ikan laut bergizi tinggi.

Kampung Nelayan Manggar

Kampung Nelayan Manggar

Di Balikpapan terdapat Kampung Nelayan Manggar yang menjadi salah satu pemasok ikan-ikan segar ke Kota Minyak itu. Kampung ini terletak di Sungai Manggar. Kampung ini juga terbagi menjadi dua sisi yang dipisahkan oleh Sungai Manggar. Dari pusat kota, ada angkutan umum nomor 7 (hijau tua) yang rutenya melewati Kampung Nelayan Manggar. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Manggar Segara Sari dan masih searah dengan Penangkaran Buaya Teritip.

Kapal nelayan diparkir

Kapal nelayan diparkir

Di Kampung Manggar, kita dapat menyaksikan berbagai aktivitas nelayan mulai dari pembongkaran ikan ketika kapal-kapal baru tiba dari melaut, pelelangan ikan, pembuatan dan perawatan kapal, hingga persiapan melaut kembali. Mintalah ke supir angkutan supaya diturunkan di Jembatan Manggar. Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah pagi hari ketika aktivitas pembongkaran dan pelelangan ikan sedang ramai.

Pembuatan perahu di Kampung Manggar

Pembuatan perahu di Kampung Manggar

Pembuatan ikan asin dapat juga menjadi tontonan yang menarik di kampung ini.

Menjemur ikan

Menjemur ikan asin

Para backpacker yang senang menyantap ikan laut juga dapat membeli ikan segar di pasar nelayan yang terletak di Desa Manggar ini. Atau mungkin ingin mencoba memancing sendiri di dekat Jembatan Manggar. Kegiatan memancing tentu saja akan menjadi keasyikan tersediri. Tidak perlu membawa peralatan memancing yang canggih, karena cukup bermodalkan mata pancing, tali nilon, dan umpan saja sudah cukup untuk memancing di sini.

Memancing ikan

Memancing ikan di Kampung Manggar

Penggemar fotografi pun tidak boleh melewatkan spot ini. Selain lanskap kapal-kapal nelayan yang sedang bersandar di dermaga, kehidupan sosial para nelayan tentu sangat menarik untuk diabadikan.

Senyum seorang ibu pedagang ikan

Senyum seorang ibu pedagang ikan

Hendak berlayar lagi

Hendak berlayar lagi

About The Author "rotyyu"

Komentar Facebook:

2 thoughts on “Kampung Nelayan Manggar, Balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

| Copyright © 2012 - Loewyi Simple Themes All Rights Reserved | Created By loewyi