Berburu Oleh-oleh Khas Balikpapan di Pasar Inpres Kebun Sayur

Pasar tradisional adalah salah satu tempat yang wajib saya kunjungi ketika jalan-jalan ke suatu daerah. Mengapa wajib? Di pasar tradisional saya bisa menyaksikan langsung dinamika kehidupan masyarakat daerah tersebut. Di pasar tradisional saya juga bisa berinteraksi langsung dengan warga setempat. Di pasar tradisional saya bisa mencicipi berbagai masakan khas satu daerah dengan harga miring. Di pasar tradisional saya bisa menemukan berbagai hal menarik. Bagi saya pribadi, pasar tradisional merupakan cerminan kehidupan masyarakat satu daerah.

Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan

Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan

Selain itu, pasar tradisional merupakan tempat yang menarik untuk berburu oleh-oleh khas suatu daerah. Harganya biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan pusat oleh-oleh yang berada di kawasan pertokoan di jalan protokol. Apalagi kita pintar dalam urusan tawar-menawar, harga barang yang kita beli bisa sangat miring. Tapi ingat jangan keterlaluan kalau menawar ya! Walaupun jadi backpacker dengan kantong pas-pasan, kita harus tetap punya perasaan dan empati. Berbelanja di pasar tradisional itu artinya membantu ekonomi masyarakat tempat kita jalan-jalan. Jadi kalau hanya beda tipis, ya diikhlaskan saja.

Pakaian khas Balikpapan

Berbagai macam pakaian, tas, dan suvenir

Di Balikpapan, salah satu pasar yang patut menjadi tempat berburu oleh-oleh untuk para backpacker adalah Pasar Inpres Kebun Sayur. Walaupun namanya memakai kata sayur, jangan bayangkan pasar ini penuh dengan aneka macam sayur-mayur. Di pasar ini justru lebih banyak pedagang berbagai pernak-pernik, suvenir, oleh-oleh, kain tenun, sampai perhiasan khas Balikpapan dan Kalimantan Timur. Pasar Inpres Kebun Sayur terletak di Jl Raya Letjend. Suprapto, tepat di seberang Supermarket Giant. Dari pusat kota, kita bisa mencapai pasar ini dengan menaiki angkutan umum bernomor 6 dari Terminal Damai. Angkutan-angkutan ini juga melewati Monpera (Monumen Perjuangan Rakyat), Pantai Kemala, Pantai Melawai, dan Kilang Minyak Pertamina.

Suvenir dan pernak-pernik Balikpapan

Suvenir dan pernak-pernik Balikpapan

Di pasar ini kita bahkan dapat menjumpai ramuan dan jamu tradisional khas Kalimantan Timur. Mulai dari obat-obatan yang dipercaya sangat manjur untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit hingga jamu penambah stamina dan perkasaan pria dapat dijumpai di sini. Mulai dari Sarang Semut, Buah Mahoni, hingga Minyak Lintah yang konon kabarnya dapat menambah ukuran alat vital pria 😀 diperdagangkan dengan bebas di pasar ini. Para pengunjung tinggal memilih saja sesuai dengan kebutuhan.

Ramuan tradisional Kaltim

Ramuan tradisional Kaltim

So, jangan lupa mampir ke Pasar Inpres Kebun Sayur kalau lagi backpacking ke Balikpapan ya!

About The Author "rotyyu"

Komentar Facebook:

4 thoughts on “Berburu Oleh-oleh Khas Balikpapan di Pasar Inpres Kebun Sayur

  1. Oleh-oleh khas balikpapan yang ngetrend dan enak adalah amplang merk Keripik Ikan IWAKE, rasanya gurih dan renyah… Info lebih lanjut bisa klik di http://fiekashop.wordpress.com/

  2. Pasar Inpres Kebun Sayur memang tempatnya oleh-oleh Balikpapan, namun jika ingin oleh siap antar ke bandara silahkan hubungi kami Pondok Mantau. Kami menyediakan Mantau sapi lada Hitam, KEPITOS alias Kepiting Tortilla Chips, Aneka kaos khas Balikpapan berbahan katun combet, gantungan kunci dan tempelan kulkas juga ada sandal khas Balikpapan, Amplang dll

    http://www.balikpapan-info.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

| Copyright © 2012 - Loewyi Simple Themes All Rights Reserved | Created By loewyi