Wisata Pantai Di Kota Minyak, Balikpapan

Saya selalu salah mengira kalau Balikpapan adalah ibu kota dari Kalimantan Timur. Padahal kota dengan biaya termahal se-Indonesia ini hanya diposisikan sebagai pusat industri dan pintu gerbang Kalimantan Timur. Sedangkan pusat pemerintahan alias ibu kota berada di Samarinda. Balikpapan mendapat julukan Kota Minyak (Banua Patra) lantaran di sana terdapat salah satu kilang minyak terbesar di negeri ini. BBM yang dihabiskan di Pulau Jawa itu asalnya dari sini. Anehnya saat saya backpacking ke sana, masih saja ada antrian kendaraan bermotor di SPBU. Negeri ini memang terkadang lucu tak lucu.

Bandara Sepinggan Balikpapan

Bandara Sepinggan Balikpapan

Pintu gerbang utama kota ini sekaligus juga pinta gerbang bagi Kalimantan Timur adalah Bandara Sepinggan. Bandara ini cukup megah dan lebih besar bila dibandingkan dengan Bandara Syamsuddin Noor di Kota Banjamarmasin, Kalimantan Selatan. Saat saya jalan-jalan ke Balikpapan, tampak pembenahan bandara ini masih berlangsung. Ada beberapa bagian yang masih dalam tahap pembangunan. Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang membutuhkan bandara-bandara yang lebih baik karena merupakan titik penghubung antar propinsi dan antar pulau.

Monumen Perjuangan Rakyat Balikpapan

Monumen Perjuangan Rakyat Balikpapan

Balikpapan itu kota yang menarik. Setidaknya itu lah yang saya rasakan selama berjalan-jalan a la backcpacker di kota berlogo Beruang Madu tersebut. Letaknya yang berbatasan langsung dengan Selat Makassar membuat kota ini memiliki banyak pantai. Beberapa kompleks pertokoan, pasar, dan bahkan mall dibangun dekat pantai. Beberapa di antaranya bahkan menyediakan tempat nongkrong yang berhadapan langsung dengan pantai dan laut. Tentu saja hal ini perlu mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah karena kebiasaan buruk di negeri ini yang suka seenaknya membuang sampah dan limbah ke laut.

Gedung-gedung di Balikpapan

Gedung-gedung di Balikpapan

Pantai-pantainya juga menarik. Setidaknya saya sempat mengunjungi tiga pantai di Balikpapan. Pertama, Pantai Kemala. Pantai ini letaknya tidak jauh dari pusat kota. Bertetangga dengan Monumen Perjuangan Rakyat. Kalau sudah di Monpera, kita tinggal berjalan kaki saja untuk mencapai pantai ini. Pantai berpasir putih ini cukup bersih. Pantai ini sepertinya merupakan salah satu tempat nongkrong anak muda Balikpapan. Siang hari suasananya tidak terlalu ramai. Mungkin malam hari kafe-kafe di pantai ini baru akan dipenuhi anak muda yang nongkrong.

Pantai Melawai Balikpapan

Pantai Kemala

Pantai ke-2 masih tidak terlalu jauh dari lokasi Pantai Kemala. Pantai Melawai merupakan tempat yang sangat cocok berkumpul bersama keluarga di sore hari sambil menyaksikan pemandangan matahari terbenam. Atraksi utama di sini memang bukan pantai itu sendiri melainkan pemandangan sunset yang sangat indah. Sambil menunggu, kita bisa merasakan berbagai makanan ringan khas Balikpapan di warung-warung lesehan yang memenuhi tempat ini di sore hari. Pantai ini memang hanya ramai di sore hari saja.

Sunset di Pantai Melawai Balikpapan

Sunset di Pantai Melawai

Pantai ke-3 yang sempat saya kunjungi berlokasi cukup jauh dari pusat kota. Namanya Pantai Manggar Segarasari. Pantai berpasir putih ini semakin indah karena dihiasi oleh pohon-pohon cemara yang tumbuh di tepi pantai. Fasilitas wisata airnya yang ditawarkan juga tidak kalah menarik.

Pantai Manggar Segarasari

Pantai Manggar Segarasari

Selain tiga pantai ini sebenarnya masih ada beberapa pantai menarik lainnya di Balikpapan. Namun karena keterbatan waktu hanya tiga pantai ini saja yang sempat saya kunjungi. Saya masih berharap suatu saat akan dapat kembali lagi ke kota Balikpapan. Kebetulan masih ada beberapa lokasi wisata yang belum sempat saya eksplorasi. Dan tentu saja Balikpapan bisa menjadi lokasi transit jika suatu saat backpacking ke Samarinda. Sampai jumpa di lain kesempatan.

About The Author "rotyyu"

Komentar Facebook:

2 thoughts on “Wisata Pantai Di Kota Minyak, Balikpapan

  1. saya paling suka di pantai kemala. sangat dekat dengan pelabuhan, melihat kapal lebih jelas. juga ada restonya, buat yang lapar, lumayan bisa mengganjal perut di restonya.
    Recommended!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

| Copyright © 2012 - Loewyi Simple Themes All Rights Reserved | Created By loewyi