Desa Pumpung, Obyek Wisata Penambangan Intan Tradisional

Di Pasar Intan Bumi Cahaya Selamat kita dapat menemukan segala jenis batu intan permata dan membelinya sebagai oleh-oleh. Namun jika ingin menyaksikan langsung bagaimana penambangan intan dilakukan, kita harus melakukan sedikit petualangan lagi. Puas menjelejahi pasar dan mendapatkan beberapa suvenir sebagai buah tangan, saya mencari informasi tentang lokasi penambangan intan di Martapura. Ternyata saya harus kembali ke arah Kota Banjar Baru untuk nantinya melanjutkan dengan angkutan lain menuju Desa Pumpung. Untuk lebih mudahnya, saya langsung berpesan saja ke supirnya kalau saya ingin diturunkan di desa penambangan intan tradisional itu.

Pintu gerbang menuju penambangan intan

Pintu gerbang menuju penambangan intan

Lokasi penambangan dari pintu gerbang Desa Pumpung sebenarnya tidak terlalu jauh, dapat ditempuh dengan berjalan kaki namun berhubung diburu waktu supaya tidak ketinggalan pesawat saya memutuskan untuk menumpang ojek saja. Tarifnya cukup murah, Rp 5.000 saja sekali jalan. Di lokasi penambangan intan yang masih dilakukan secara tradisional ini, saya dapat menyaksikan langsung bagaimana para pekerja melakukan perburuan batu permata intan. Semuanya memang masih dilakukan secara tradisional.

Lokasi penambangan intan Martapura

Lokasi penambangan intan Martapura

Saya sama sekali tidak melihat kehadiran peralatan-peralatan canggih layaknya sebuah pertambangan. Bahkan beberapa peralatan yang digunakan untuk mengalirkan tanah dan air hanya dibangun dengan kayu dan seng bekas tong yang disusun sedemikian rupa.

Peralatan penambangan intan

Peralatan penambangan intan

Para pekerja di lokasi pertambangan intan ini juga tidak menggunakan pengaman sama sekali. Pada hal resiko pekerjaan yang mereka geluti cukup tinggi. Saya tidak tahu apakah hasil yang mereka dapatkan sesuai dengan resiko yang dihadapi.

Para pekerka pendulangan intan

Para pekerja pendulangan intan

Di salah satu sudut, akhirnya saya dapat juga menyaksikan secara langsung adegan yang biasanya hanya saya lihat di televisi atau media lainnya. Para pendulang intan dengan peralatannya yang berbentuk seperti caping yang lebar dan berwarna hitam tampak berusaha mencapai dasar dari kolam dengan air berwarna kuning kecoklatan untuk mendulang intan.

Pendulang intan

Pendulang intan

Kulit mereka tampak menghitam, mungkin saking seringnya disengat matahari. Tampak kegetiran di wajah mereka. Saya seperti menyaksikan sisi yang berkebalikan dengan kemewahan batu intan permata itu sendiri. Sisi lain. Sisi kelam bagaimana sebongkah intan akan menjadi begitu sangat mahal dan mewah ketika meninggalkan tempat yang panasnya sangat menyengat.

Mendulang intan demi kehidupan

Mendulang intan demi kehidupan

Selain para pekerja pendulang intan, saya juga sempat menemui penjual intan di sini. Namun karena dari awal saya memang tidak berencana membeli intan, semua penawarannya saya tolak. Akhirnya saya hanya menggunakan jasanya sebagai ojek untuk mengantarkan saya ke pintu gerbang obyek wisata ini. Beruntung sekali saya masih menemukan angkutan dan dengan senang hati mau mengantarkan saya ke bandara bersama seorang bapak yang hendak ke Semarang.

About The Author "rotyyu"

Komentar Facebook:

14 thoughts on “Desa Pumpung, Obyek Wisata Penambangan Intan Tradisional

    • Cumi MzToro: Silakan diagendakan ke Banjarmasin Kang :D, ga rugi loh jalan-jalan ke sana. Pastinya beda jauh banget lah dengan Newmont.

    • Cumi MzToro: Pasti beda jauh lah dengan Newmont, di Pumpung ini levelnya pengrajin rumah tangga. Silakan diagendakan ke Banjarmasih Kang 🙂

  1. Klu ingin dapat info lebih detil, bisa menghuhungi siapa atau kemana ya ?

    Apa mungkin mendapatkan penginepan disana ?
    Kota banjar Baru ini berapa jauh dan berapa lama dr Banjarmasin ?

    • Kebetulan dulu saya nginapnya di Banjarmasin, jaraknya sekitar sejam perjalanan naik angkutan umum ke Banjarbaru. Kalau mau ke Pumpung coba hubungi Pak Jislani (0813 49 75 40 tiga delapan) beliau salah satu pengrajin intan di sana.

  2. bagi rekan2 yang ke sulitan menjual batu intan/berlian,bisa menghubungi saya,ke betulan saya punya akses ke buyer/pembeli Lokal dan Luar negeri,,,untuk yang intan/berlian mentah yang saya cari warna putih grade clarity FL lF VVS1 VVS2 VS1 VS2 Grade color D,E,F,G,
    untuk suplay ke korsel,,jika anda mau jual lewat saya, syaratnya wajib kirim foto dan memo barang ke alamat email saya. agoez1808@gmail.com call me,, 081335500224 or 08561318121

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

| Copyright © 2012 - Loewyi Simple Themes All Rights Reserved | Created By loewyi