Arsitektur Bangunan Sebagai Identitas Suatu Daerah

Sesungguhnya setiap daerah di Indonesia memiliki keunikannya masing-masing, termasuk juga dalam urusan arsitektur bangunan. Hampir semua suku bangsa di Indonesia mempunyai rumah tradisional yang khas dan unik. Biasanya rumah tradisional di satu daerah disesuaikan dengan kondisi alam setempat. Di beberapa daerah, rumah tradisional dibuat dengan tiang-tiang penyangga yang tinggi dan kokoh untuk menghindari banjir dan serangan hewan buas. Keunikan lain terletak pada ornamen berupa ukiran-ukiran yang disematkan pada bagian rumah tradisional. Pada umumnya ukiran-ukiran ini adalah karya seni bernilai tinggi. Sayangnya kemajuan zaman semakin mendesak penggunaan rumah tradisional sehingga kita terancam tidak akan lagi melihat karya-karya seni ini.

Kantor DPRD Banjarmasin

Kantor DPRD Banjarmasin

Salah satu cara untuk tetap mempertahankan ciri khas rumah tradisional suatu daerah adalah dengan mengadopsinya pada bangunan-bangunan modern. Kantor-kantor instansi pemerintah, kampus, sekolah, hingga hotel berbintang misalnya dapat memanfaatkan kekayaan arsitektur rumah tradisional untuk menjadi ciri khas. Saya cukup kagum ketika bakcpacking ke Banjarmasin dan melihat beberapa bangunan di kota ini sangat mencerminkan ciri khas Rumah Banjar. Termasuk salah satunya yang sempat saya abadikan adalah Kantor DPRD Banjarmasin.

Bangunan berciri Rumah Banjar

Kantor DPRD Banjarmasin tampak depan

Selain bangunan ini saya juga sempat melihat dan mengabadikan salah satu rumah yang lokasinya berdekatan dengan Kantor DPRD Banjarmasin. Rumah ini, yang saya duga adalah rumah dinas, juga tampil dengan gaya arsitektur rumah tradisional khas Banjar. Perpaduan antara arsitektur rumah tradisional dengan bangunan modern mampu menampilkan sesuatu yang unik dan tentu saja tetap mempertahankan kekayaan kebudayaan di negeri ini.

Rumah dinas Banjar

Rumah dinas Banjar

Semoga saja dengan upaya-upaya seperti ini generesi penerus di masa yang akan datang masih tetap akan menyaksikan karya-karya seni bernilai tinggi yang dihasilkan kebudayaan nenek moyang kita.

About The Author "rotyyu"

Komentar Facebook:

One thought on “Arsitektur Bangunan Sebagai Identitas Suatu Daerah

  1. menurut saya informasi diwebsite ini sangat menarik apabila anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang dunia konstruksi dan perencanaan suatu bangunan sipil
    silahkan kunjungi link website di bawah ini
    http://ftsp.gunadarma.ac.id/sipil/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

| Copyright © 2012 - Loewyi Simple Themes All Rights Reserved | Created By loewyi