Backpacking ke Banjarmasin, Kota Seribu Sungai

Akhirnya saya berhasil juga menginjakkan kaki di Bumi Borneo untuk pertama kalinya. Ya, ini perjalanan pertama saya ke Kalimantan. Saya memilih untuk mengunjungi Banjarmasin, ibu kota Kalimantan Selatan yang mendapatkan julukan Kota Seribu Sungai. Kota ini memang pantas mendapatkan julukan itu. Walaupun jumlah sungai yang melintasi Banjarmasin tidak sampai hitungan seribu, namun dijamin sungai tidak sulit ditemukan di kota ini. Bahkan sungai menjadi salah satu moda transportasi utama dan merupakan urat nadi kehidupan warganya.

Hal pertama yang saya lakukan ketika tiba di Bandara Syamsuddin Noor adalah mencari informasi tentang angkutan umum yang menuju kota Banjarmasin karena ternyata bandara terletak di Kota Banjar Baru. Dengan berjalan sedikit ke luar bandara, saya akhirnya menemukan angkutan kota jurusan Banjarmasin. Namun keberangkatan masih harus menunggu hingga angkutan penuh. Perjalanan dari bandara menuju Banjarmasin memakan waktu yang cukup lama, saya sempat waswas dan berpikir salah jurusan. Rasa khawatir itu hilang tatkala angkutan tiba di terminal kota Banjarmasin di mana saya harus menumpang angkutan lain memasuki kota.

Laut Banjarmasin

Pemandangan sebelum mendarat

Bermodalkan riset di Google dan milis Backpacker Indonesia, saya mendapatkan hotel dengan tarif murah di belakang Kantor Pos Besar Banjarmasin. Hotel Perdana tepatnya berada di Jl. Jenderal Katamso No. 8. Hotelnya cukup bersih, kamar mandi di dalam, TV, tanpa AC tapi ada kipas angin, dan ada sarapan pagi dan makanan ringan di malam hari. Beres check in saya langsung cabut. Agenda pertama saya adalah keliling Banjarmasin, sengaja saya lakukan berjalan kaki untuk menikmati suasana kota.

Tugu di Banjarmasin

Pemandangan di salah satu sudut Banjarmasin

Banjarmasin menurut saya termasuk kota yang cukup nyaman untuk dinikmati berjalan kaki. Jalanannya belum seramai Surabaya apalagi Jakarta. Ketika menemukan satu rumah makan yang menawarkan Soto Banjar, saya langsung memutuskan untuk mencobanya. Rumah Makan Kagangan, letaknya di Jl. Pangeran Samudera No. 16. Harganya sangat terjangkau untuk backpacker, dijamin tidak akan menguras isi dompet.

Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Kelar urusan perut yang keroncongan, perjalanan menelusuri kota saya lanjutkan hingga pada waktu menjelang sore hari saya tiba di kompleks Masjid Raya Sabilal Muhtadin yang megah. Masjid ini terletak di sebelah barat Sungai Martapura dan sudah berdiri sejak tahun 1981. Kantor MUI Kalimantan Selatan juga terletak di kompleks yang sama dengan masjid. Nama masjid ini didedikasikan untuk penghormatan terhadap salah satu ulama besar Kalimantan Selatan, Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari.

Sungai Martapura

Pedagang di Sungai Martapura

Di seberang kompleks Masjid Raya Sabilal Muhtadin terdapat Taman Siring Sungai Martapura. Letaknya di tepian Sungai Martapura. Taman ini dibangun pada tahun 2004 dan merupakan pilihan tepat untuk bercengkerama menghabiskan waktu di sore hari. Taman ini akan semakin ramai dengan warga kota dan para pedagang kala sore menjelang. Ada banyak anak muda yang memanfaatkan taman ini untuk sekedar nongkrong atau melakukan berbagai kegiatan. Saya sempat menyaksikan komunitas sepeda BMX dan skate board beraksi di taman.

Taman Siring

Para penongkrong Taman Siring

Dari taman ini pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam (sunset) yang menghiasi Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Matahari terbenam ini bisa menjadi pertunjukan spektakuler yang didapatkan secara gratis.

Sunset di Banjarmasin

Pemandangan sunset di Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Sungguh pemandangan sore hari yang indah. Ketika malam menjelang, saya kembali ke hotel dengan berjalan kaki. Waktunya untuk beristirahat setelah seharian mengelilingi Banjarmasin, Kota Seribu Sungai.

About The Author "rotyyu"

Komentar Facebook:

5 thoughts on “Backpacking ke Banjarmasin, Kota Seribu Sungai

1. bang, klo pergi2 gk ngajak2 yaaa.. 🙁
    3:1 kita bang,,, hehe
    aku 3 pulau besar yg belum diinjak, hehe
    tapi pasti ada saatnya tak injak nanti bang..:D