Menengok Wisata Penangkaran Buaya di Teritip, Balikpapan

Bertemu buaya di habitat aslinya mungkin akan membuat sebagian besar orang ketakutan. Namun hal seperti itu tidak perlu terjadi jika kita berkunjung ke lokasi Penangkaran Buaya Teritip. Yup, tempat ini cocok sekali untuk mereka yang ingin melihat buaya dari dekat tanpa harus merasa waswas. Tempat ini juga bisa menjadi wisata alternatif jika sedang backpacking ke Kota Balikpapan dan sudah puas mengunjungi semua pantainya. Lokasi penangkaran terletak sekitar 28 km dari pusat kota, tidak jauh dari Pantai Manggar. Pengunjung bisa menggunakan angkutan umum nomor 7 untuk mencapai lokasi ini. Namun sebaiknya pastikan dulu kalau angkutan yang ditumpangi akan sampai ke lokasi penangkaran.

Selamat datang di penangkaran buaya Teritip

Selamat datang di Penangkaran Buaya Teritip

Ada tiga jenis buaya yang ditangkarkan di Teritip, yaitu Buaya Muara, Buaya Supit, dan Buaya Air Tawar. Saat saya berkunjung ke sana, diperkirakan jumlah buaya yang ada di penangkaran tidak kurang dari 1400 ekor. Jumlah ini adalah yang terbesar di Kalimantan Timur. Buaya-buaya ini ditempatkan di beberapa kolam yang dibagi-bagi menurut usianya. Pembagian menurut usia buaya dikelompokkan menjadi empat kategori, yaitu kategori anakan, penggemukan, remaja, dan induk.

Buaya di salah satu kolam penangkaran Teritip

Buaya di salah satu kolam penangkaran Teritip

Di lokasi penangkaran kita juga dapat menonton atau memberi makan buaya-buaya. Menontonnya sih gratis tapi kita harus datang tepat ketika para penjaga sedang memberi makan buaya-buaya. Sedangkan jika ingin memberi makan kita harus membeli ayam yang disediakan di lokasi penangkaran. Penjaga akan melemparkan ayam tersebut ke dalam kolam, saat itu buaya-buaya di dalamnya akan berebut untuk mendapatkan si ayam. Tak jarang buaya-buaya itu harus bertarung demi seekor ayam. Tontongan yang cukup menarik dan membuat bulu kuduk bergidik.

Buaya indukan di penangkaran Teritip

Buaya indukan di penangkaran Teritip

Penikmat wisata kuliner juga patut mempertimbangkan berkunjung ke lokasi penangkaran ini. Pasalnya di sini tersedia Sate Buaya. Harganya per tusuknya Rp 3.000. Pasti belum pernah kan mencicipinya? Saya juga :(, kebetulan waktu itu warung yang menjual sate sedang tutup. Jadilah saya hanya berimajinasi saja sedang mencicipi Sate Buaya a la Penangkaran Buaya Teritip.

Sate Buaya a la Teritip

Sate Buaya a la Teritip

Selain itu, kita juga bisa membeli berbagai suvenir berbentuk buaya untuk dijadikan oleh-oleh dari Penangkaran Buaya Teritip. Dan masih ada satu lagi yang cukup menarik untuk dijadikan buah tangan. Yang satu ini khusus untuk para pria dewasa yang ingin meningkatkan staminan dan vitalitas. Boleh percaya boleh tidak, Tangkur Buaya yang dijajakan di lokasi penangkaran konon katanya dapat menambah stamina dan vitalitas pria. Tertarik?

Suvenir buaya a la Teritip

Suvenir buaya a la Teritip

Tangkur Buaya

Tangkur Buaya, katanya sih obat kuat

  • Pin It

About The Author "rotyyu"

Seorang anak manusia yang telah jatuh cinta pada keindahan alam ciptaan Yang Maha Esa. Seorang bocah yang mempunyai impian mengelilingi satu negeri yang sangat indah bernama Indonesia.

Google+ facebook twitter

Komentar Facebook:

6 thoughts on “Menengok Wisata Penangkaran Buaya di Teritip, Balikpapan

  1. Baru tau ada Sate Buaya habis baca postingan ini, gue tau nya cuma Roti Buaya haha.. Suatu hari ke sana buat ngerasain sendiri ni makanan!

    http://www.thedreamerblog.com

  2. keren, aku bru aja 3 minggu di balikpapan, bsk InsyaAllah ke teritip by angkot, kebetulan dpt kos deket terminal bp, sip tks banget infonya.
    regards, tini

  3. orang balikpapan pasti sering menyantap sate buaya nihhh…
    garanggggg….
    bisa dicoba nih sate buaya yang dibalikpapan
    wajib di visit kalau ke balikpapan…

    Mantaaappppp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

| Copyright © 2012 - Loewyi Simple Themes All Rights Reserved | Created By loewyi