Masjid Al-Markaz Al-Islami Makassar

Masjid Al-Markaz Al-Islami merupakan salah satu masjid paling megah di Kota Makassar. Masjid ini didirikan pada tahun 1994 atas prakarsa Jenderal M. Jusuf. Ide pendiriannya sendiri sebenarnya sudah terlontar sejak tahun 1989 ketika Jenderal M. Jusuf menjadi pimpinan perjalanan haji. Pembangunannya membutuhkan waktu sekitar dua tahun. Masjid ini diresmikan penggunaannya pada tahun 1996. Bangunan masjid dikonstruksi menjadi tiga lantai yang dibagi-bagi menjadi ruangan-ruangan untuk kesekretariatan, aula, perpustakaan, pendidikan, koperasi, dan kantor MUI Sulawesi Selatan.

Bagian Depan Masjid Al-Markaz Al-Islami

Masjid Al-Markaz Al-Islami

Masjid ini terletak di Jl. Masjid Raya Makassar. Saya menyempatkan diri untuk singgah dalam perjalanan ke bandara. Kebetulan hari terakhir di Makassar dapat fasilitas mobil dan supir untuk mengantar ke bandara. Namun berhubung pesawat saya terbangnya sore hari, jadilah waktu senggang yang ada dimanfaatkan untuk keliling Kota Daeng Makassar. Sebagai seorang pengagum arsitektur bangunan-bangunan megah, saya merasa sangat beruntung bisa menyaksikan sendiri kemegahan masjid ini.

Menara Masjid Al-Markaz Al-Islami

Salah satu sudut Masjid Al-Markaz Al-Islami

Kemegahan masjid ini semakin lengkap dengan gaya arsitekturnya yang unik. Perpaduan antara arsitektur Arab, Gowa, dan Bugis-Makassar. Bangunannya didominasi wana hijau. Lantainya terbuat dari batu granit yang semakin menambah kesan megah ketika memasuki bangunan masjid. Lingkungan di sekitar masjid juga cukup asri dan sejuk. Di berbagai sudut masjid tumbuh pohon-pohon yang memberikan kesan hijau.

Masjid Al-Markaz Al-Islami

Pintu utama Masjid Al-Markaz Al-Islami

Kini masjid ini telah berkembang menjadi pusat kajian agama Islam terbesar di Indonesia Timur. Namanya pun telah berubah menjadi Masjid Al-Markaz Al-Islami Jenderal M. Jusuf. Penambahan nama Jenderal M. Jusuf sebagai bentuk penghormatan kepada almarhum yang memprakarsai pembangunan masjid ini.

  • Pin It

About The Author "rotyyu"

Seorang anak manusia yang telah jatuh cinta pada keindahan alam ciptaan Yang Maha Esa. Seorang bocah yang mempunyai impian mengelilingi satu negeri yang sangat indah bernama Indonesia.

Google+ facebook twitter

Komentar Facebook:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge

| Copyright © 2012 - Loewyi Simple Themes All Rights Reserved | Created By loewyi