7 Gunung Tertinggi di Indonesia

Percaya atau tidak, kita hidup di atas lingkaran cincin api yang membentang dari barat hingga timur negeri ini. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak sekali gunung berapi yang masih aktif. Negeri ini rawan mengalami bencana letusan gunung dan gempa bumi karena letak geografisnya yang berada di jalur pegunungan aktif. Kadang saya berpikir, ini adalah anugerah sekaligus kutukan untuk negeri kita. Keberadaan gunung berapi tersebut dapat sewaktu-waktu menimbulkan bencana. Letusan yang disertai lahar dan semburan debu panas bisa menewaskan apa saja yang diterjangnya. Namun semburan abu vulkanik juga menjadikan negeri ini subur luar biasa.

Di sini lain, keberadaan gunung-gunung berapi menjadikan negeri kita ini indah luar biasa. Saya jamin tidak orang yang tidak berdecak kagum menyaksikan matahari terbit (sunrise) di Pegunungan Bromo. Tidak akan ada juga yang membantah keindahan Kawah Ijen yang magis itu. Dan siapa pula yang tidak akan ingin kembali ke Puncak Rinjani jika menyaksikan keindahan Danau Segara Anak di atasnya? Dari deretan gunung-gunung di Nusantara ini, ada 7 gunung yang didaulat sebagai gunung tertinggi. Pembagian ini didasarkan pada kedekatan letak geografis. Tulisan ini akan mencoba merangkum daftar 7 gunung tertinggi di Indonesia.

Gunung Kerinci

Saya akan memulai dari sisi paling barat Indonesia, Pulau Sumatera. Gunung Kerinci terletak di Propinsi Jambi dan merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Sablat (TNKS). Gunung Kerinci juga dikenal sebagai Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinchi, atau Puncak Indrapura. Puncak tertinggi Gunung Kerinci terdapat di ketinggian 3.805 mdpl (meter dari permukaan laut). Kerinci ini merupakan gunung berapi tertinggi di Pulau Sumaterta dan Indonesia.

Gunung Semeru

Popularitas Gunung Semeru menanjak drastis semenjak diputarnya film 5 CM di bioskop-bioskop seluruh Indonesia. Pendakian di gunung ini kemungkinan besar adalah salah satu yang paling ramai di Indonesia. Orang-orang awam seperti berbondong-bondong ingin menyaksikan keindahan Puncak Mahameru yang terletak di ketinggian 3676 mdpl. Gunung Semeru terletak di Propinsi Jawa Timur dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Gunung Rinjani

Merupakan gunung tertinggi di Kepulauan Nusa Tenggara dan Bali, puncaknya memiliki ketinggian 3726 mdpl. Gunung Rinjani Terletak di Pulau Lombok, Propinsi Nusa Tenggara Barat dan merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Panorama di gunung ini adalah salah satu pemandangan terindah yang tidak akan pernah dilupakan pendaki gunung. Di atas Gunung Rinjani terdapat Danau Segara Anak yang biasa digunakan para pendaki untuk memancing ikan mas dan mujair.

Bukit Raya

Bukit Raya atau Gunung Raya adalah puncak tertinggi di Pulau Kalimantan. Gunung ini terletak di Propinsi Kalimantan Tengah dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya. Puncak Gunung Bukit Raya memiliki ketinggian 2.278 mdpl. Di Pulau Kalimantan sendiri sebenarnya terdapat Gunung Kinabalu yang memiliki ketinggian 4.095 mdpl. Namun karena Gunung Kinabalu terletak di daerah administratif Negara Diraja Malaysia maka tidak termasuk ke dalam 7 gunung tertinggi di Indonesia.

Gunung Latimojong

Gunung Latimojong memiliki puncak bernama Rante Kambola yang terletak pada ketinggian 3.680 mdpl. Gunung tertinggi di Pulau Sulawesi ini terdapat di Propinsi Sulawesi Selatan tepatnya di Kabupaten Enrekang. Gunung ini bukanlah termasuk gunung berapi dan merupakan bagian dari Pegunungan Latimojong yang terbentang selatan ke utara.

Gunung Binaiya

Inilah puncak tertinggi di Kepulauan Maluku. Gunung Binaiya terletak di Pulau Seram, Propinsi Maluku. Binaiya termasuk ke dalam lingkup Taman Nasional Manusela di Kabupaten Maluku Tengah. Puncaknya terdapat pada ketinggian 3.027 mdpl. Gunung ini menjulang dari ketinggian 0 hingga 3.037 meter dari permukaan laut yang membuatnya menjadi salah satu gunung terunik di Indonesia.

Puncak Jaya

Puncak Jaya atau Puncak Cartensz atau Cartensz Pyramid adalah puncak tertinggi di Pulau Papua sekaligus Indonesia. Puncak tertingginya terdapat pada ketinggian 4.884 mdpl. Di Puncak Jaya terdapat salju abadi yang merupakan satu-satunya di Indonesia. Puncak Jaya merupakan puncak tertinggi di Oceania sehingga termasuk satu dari Seven Summits.

Itulah 7 gunung tertinggi di Indonesia. Berminat mendaki puncak-puncak gunung ini?

  • Pin It

About The Author "rotyyu"

Seorang anak manusia yang telah jatuh cinta pada keindahan alam ciptaan Yang Maha Esa. Seorang bocah yang mempunyai impian mengelilingi satu negeri yang sangat indah bernama Indonesia.

Google+ facebook twitter

Komentar Facebook:

25 thoughts on “7 Gunung Tertinggi di Indonesia

    • Kucing Dolby: Monggo gan, Semeru juga memiliki pemandangan yang sangat indah. Track pendakiannya juga tidak terlalu berat walaupun memang butuh waktu beberapa hari untuk mencapai puncak.

  1. Dateng ya hari ini jam 15:00-16:30 VIVAlog mengadakan acara khusus untuk para blogger..
    bagi 10 orang yang datang akan dapet merchendise dari viva..
    isi acaranya membicarakan sekitar vlogger viva..
    acara ini bertempat di kantor vivanews daerah pulogadung. Jl. Rawa terate II no 2. kawasan industri pulogadung.
    diyunggu kedatangannya ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

| Copyright © 2012 - Loewyi Simple Themes All Rights Reserved | Created By loewyi